Tema WordPress Terbaik Untuk Blog Anda

Di artikel bab pertama Anda sudah selesai membuat blog menggunakan WordPress self-hosted. Masuk bab kedua saya akan memberikan insight cara memilih tema WordPress terbaik untuk blog Anda.

Tema blog ibarat pakaian yang Anda kenakan. Pakaian mahal belum tentu bagus dan nyaman dipakai. Sebaliknya, pakaian dengan harga biasa saja, mungkin saja sangat nyaman ketika dipakai, dan membuat Anda percaya diri.

Sama saja dengan tema. Jangan selalu berpatokan pada harga tema. Saya sudah mencoba banyak sekali tema gratis dan berbayar, serta sudah membaca banyak sekali rekomendasi tema terbaik.

Saat memilih tema, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dalam konteks hal ini, saya akan mengerucutkan kebutuhannya sesuai dengan panduan yang sedang saya buat : tema yang bisa membantu blog Anda menghasilkan uang.

Apa saja kriterianya tema yang saya maksud diatas ?

Ciri Tema Yang Bagus

Memilih tema WordPress

Parameter dalam memilih tema WordPress terbaik sangat banyak. Saya akan ulas beberapa diantaranya, yang menurut saya paling penting diantara sekian banyak parameter.

1. Struktur kode yang SEO friendly

Parameter yang satu ini sengaja saya letakkan di bagian teratas, karena merupakan yang terpenting kalau dikaitkan dengan tujuan Anda membuat blog : untuk menghasilkan uang.

Salah satu jalan yang bisa Anda tempuh untuk menghasilkan uang adalah melalui mesin pencari alias Google. Caranya bisa menggunakan yang gatisan ( SEO ) atau iklan berbayar ( SEM ).

Untuk bisa bersaing di SEO, salah satu faktor terbesarnya adalah soal tema, karena berkaitan dengan kecepatan loading, dan juga kemudahan robot Google / Googlebot merayapi blog Anda.

Bagaimana cara mengetahui struktur tema yang baik ?

Kalau Anda buta sama sekali tentang bahasa pemrograman HTML, CSS & Javascript, pasti akan kesulitan. Tapi Anda ngga perlu pusing dengan hal ini, karena saya yang akan merekomendasikannya untuk Anda.

Rekomendasi saya berdasarkan apa yang direkomendasikan oleh guru-guru saya yang memang seorang praktisi.

2. Tema yang mobile friendly

Data dari Google di tahun 2017 menyebutkan bahwa 87% akses ke mesin pencari Google dilakukan dari smartphone. Artinya, semakin kesini pengguna mobile terus meningkat.

Mayoritas tema sebenarnya sudah mobile friendly. Sudah jarang saya jumpai tema-tema WordPress yang masih desktop based. Tapi ngga ada salahnya Anda memperhatikan parameter ini.

3. Ulasan dan rating pengguna

Di halaman dokumentasi tema, ada banyak informasi yang tersaji, salah satunya rating & ulasan pengguna. Dua hal ini merupakan parameter eksternal yang hampir 100% valid kebenarannya, karena berasal dari para pengguna.

Kalau sebuah tema memiliki ulasan & rating yang baik, maka sudah bisa dipastikan tema tersebut memang bagus.

4. Memiliki fitur sesuai kebutuhan

Ada ribuan tema WordPress dengan berbagai bentuk tampilan dan fitur yang tersemat di dalamnya. Anda harus jeli dan paham betul apa kebutuhan blog Anda, sehingga bisa menemukan tema yang sesuai.

Sehubungan dengan tujuan Anda membangun blog untuk mencari uang, maka saya kerucutkan kebutuhannya menjadi dua hal, yakni memproduksi artikel, dan jualan produk / toko online.

Silahkan fokus pada 2 hal tersebut saja.

5. Selalu di update oleh pembuatnya

WordPress sebagai salah satu platform open-source tentunya mengalami banyak peningkatan fitur dan performa dari waktu ke waktu. Tema yang baik adalah tema yang dibuat untuk mengikuti perkembangan tersebut.

Aspek ini berkaitan dengan struktur kode di dalamnya, dan Anda ngga perlu memusingkan hal ini. Anda cukup lihat kapan tema tersebut terakhir di update.

Kalau kurang dari 6 bulan lalu menurut saya masih bagus, artinya si pembuat tema masih menaruh perhatian penuh terhadap performa tema buatannya agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan WordPress.

Kalau sudah lebih dari 6 bulan tidak di update, saran saya tinggalkan saja. Khawatirnya ada fitur-fitur yang ternyata tidak bekerja maksimal dengan WordPress versi terbaru.

Gratis Atau Berbayar ?

Ini adalah pertanyaan sejuta umat yang sering ditanyakan, seperti “Blogspot atau WordPress ?”. Saya ngga akan berpanjang lebar membahas masalah ini.

WordPress memiliki ribuan tema gratis dan berbayar yang menurut saya hampir sama banyaknya. Dan saya yakin Anda ngga akan pernah kehabisan pilihan tema.

Saya penganut “aliran” kualitas, sehingga setiap blog saya biasanya menggunakan satu tema sejak awal, dan jarang diganti-ganti. Maka saran saya adalah gunakan tema berbayar.

Kenapa lebih baik tema berbayar ?

  1. Biasanya memiliki fitur lebih baik dari versi free.
  2. Memiliki fitur support kalau Anda mengalami kesulitan.
  3. Struktur kodenya sudah SEO dan Mobile friendly.
  4. Update berkala / lebih sering.
  5. Desain yang tidak pasaran.

Bagaimana kalau terpaksa harus pakai yang gratis dulu, sambil mengumpulkan uang ? Tidak ada masalah. Di bagian berikutnya saya akan merekomendasikan beberapa tema gratis terbaik yang bisa Anda gunakan “sementara”.

Memilih Tema WordPress Terbaik

Pasti Anda bertanya, “dari sekian banyak parameter yang harus diperhatikan, dan kelebihan tema berbayar dibanding yang gratisan, jadi harus gunakan tema yang mana ?

Baiklah, saya akan merekomendasikan beberapa tema WordPress yang terbaik. Rekomendasi ini berdasarkan pengalaman saya mencoba berbagai macam tema, dan juga data yang saya kumpulkan dari guru-guru saya.

1. LeadPress

LeadPress theme
LeadPress theme

Adalah tema berbayar satu layout karya anak bangsa besutan WPBisnis.com milik mas Agus Muhammad. LeadPress adalah tema yang dipakai Muslimian.com saat ini.

Sekilas memang tampak sederhana. Namun jangan salah, fiturnya sangat memenuhi kebutuhan blogging dan toko online di ranah Indonesia. Soal kecepatan dan performa ngga perlu diragukan lagi.

Silahkan saja Anda tes Muslimian.com di platform pengukur performa web seperti GTMetrix atau Pingdom.

Dengan harga yang menurut saya amat sangat terjangkau, LeadPress adalah salah satu tema WordPress lokal terbaik yang saya rekomendasikan kepada Anda.

2. GeneratePress

GeneratePress theme
GeneretaPress theme

Sebuah tema WordPress multifungsi yang di klaim sangat ringan dan memiliki kecepatan luar biasa ini sudah digunakan lebih dari sejuta orang di seluruh dunia.

Fiturnya juga sangat fleksibel. Bisa satu layout, dua layout, tiga layout, bahkan berbentuk shop untuk toko online pun sanggup diterapkan pada tema GeneratePress.

Kebetulan mayoritas blog saya menggunakan tema ini, karena cukup sekali bayar dan bisa digunakan di unlimited blog.

Dan ada satu hal lagi yang menurut saya akan sangat membantu Anda kalau menggunakan tema ini. GeneratePress tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Jadi kalau Anda penasaran, install saja dulu versi gratisnya.

Selain itu, forum supportnya sangat fast response. Ribuan pertanyaan yang masuk dijawab hanya dalam hitungan menit oleh tim GeneratePress, bahkan terkadang Lead Developer nya pun ikutan menjawab.

Soal performa & kecepatan ? Saya ngga perlu bahas soal ini. GeneratePress adalah salah satu tema andalan para blogger yang mencari uang dari kegiatan ngeblog.

Karena berkat tema ini, blog-blog mereka disayang oleh Google.

3. Genesis

Genesis theme
Genesis theme

Menurut saya, inilah tema WordPress terbaik yang ada saat ini.

Genesis yang di rilis oleh StudioPress merupakan sebuah framework, sehingga Anda bisa menyusun format layout blog Anda sesuka hati sesuai kebutuhan.

Selain itu, struktur kodenya juga sudah dijamin sangat mobile & Seo friendly. Dengan harga yang lebih mahal dibanding kedua tema yang saya sebut sebelumnya, fitur & performa yang ditawarkan Genesis sangat sebanding.

Kalau Anda mau yang terbaik, saran saya gunakan Genesis theme.

4. New Standard

New Standard theme
New Standard theme

Tema keluaran Themehaus ini hadir dengan tampilan super simple dan clean, sehingga sangat ringan dan mampu menunjang performa & kecepatan blog Anda ke level tertinggi.

Selain itu, ukuran sidebar dan layout utamanya sudah disesuaikan dengan ukuran iklan online, sehingga para publisher Google Adsense ( misalnya ) sangat cocok menggunakan tema ini.

New Standard adalah tema berbayar. Kalau Anda mau mencoba versi gratisnya, silahkan install tema First yang juga merupakan keluaran dari Themehaus. Keduanya sangat mirip, dan hanya sedikit berbeda fiturnya.

Kalau Anda penyuka kesederhanaan, tema ini adalah pilihan yang tepat.

Cara Mengganti Tema

Diatas sudah saya sebutkan 4 tema WordPress yang menjadi andalan saya selama ini, sekaligus merupakan hasil rekomendasi dari guru-guru saya.

Masing-masing tema memiliki fitur dan tampilan yang berbeda, silahkan Anda pilih yang sesuai dengan selera dan jangkauan keuangan Anda. Yang jelas, keempatnya adalah yang terbaik.

Setelah menentukan tema apa yang akan digunakan, saya akan memandu Anda untuk mengganti tema bawaan WordPress dengan tema yang sudah Anda beli.

Kalau Anda beli tema berbayar, biasanya Anda disuruh download file tema ber-ekstensi .zip untuk di upload manual di dashboard blog WordPress Anda.

Cara instalasinya kurang lebih mirip, hanya berbeda di proses pencariannya. Pada gambar dibawah ini, silahkan Anda masuk menu Appearance >> Themes untuk mengubah tema.

Di bagian atas klik Add New.

Cara mengubah tema WordPress
Menambah theme

Tampilan akan berubah seperti gambar di bawah ini. Kalau Anda memiliki file tema ber-ekstensi .zip silahkan klik “upload theme” di bagian kiri atas. Kemudian klik install, lalu activate. Selesai.

Kalau Anda mau mencoba versi gratisnya dulu, saya sarankan Anda gunakan tema GeneratePress. Silahkan ketikkan kata “generatepress” pada kolom pencarian, dan otomatis muncul tema yang dimaksud, seperti gambar di bawah ini.

Arahkan mouse pada tema, lalu klik tombol “install” yang muncul. Kemudian klik activate. Selesai.

Mengubah tema WordPress GeneratePress
Aktivasi theme

Penutup

Selesai sudah pembahasan di bab kedua ini. Blog yang baru Anda buat kini sudah berganti baju dengan tema WordPress terbaik yang saya rekomendasikan diatas. Di bab selanjutnya saya akan beritahu plugin WordPress terbaik apa saja yang saya gunakan di blog-blog saya.

Harapannya, blog Anda sudah siap dengan performa dan kecepatan terbaiknya, sebelum nanti diisi oleh artikel-artikel berkualitas yang berpotensi mengalirkan pundi-pundi rupiah.

Tetap semangat, sobat blogger !

Mau Berkomentar ?