Trik Memasang Google Analytics di Blog Anda

Selamat, Anda sudah sampai di Bab 5 dalam panduan membuat blog yang bisa menghasilkan uang. Kali ini saya akan mengajarkan Anda cara daftar dan memasang Google Analytics ke blog Anda.

Sebelumnya Anda sudah mengenal beberapa plugin WordPress yang jadi andalan saya, termasuk juga pengaturan Yoast SEO yang saya bahas cukup detail di artikel Bab keempat.

Google Analytics adalah software gratis berbasis web besutan Google yang memiliki segudang kemampuan menakjubkan dalam memantau aktivitas kunjungan blog Anda, dan juga mempelajari kebiasaan pengunjung ketika berada di dalam blog.

Kalau membahas fiturnya secara mendalam mungkin akan menghabiskan satu artikel tersendiri. Bahkan telah banyak tersedia juga pelatihan Google Analytics bersertifikasi.

Kenapa sih harus pakai Analytics ? Singkatnya, agar Anda tau hal-hal penting seputar pengunjung blog Anda, dan juga Anda bisa menganalisa performa blog secara keseluruhan.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan :

  1. Mengetahui jumlah pengunjung blog.
  2. Mengetahui dari mana asal pengunjung blog.
  3. Mengetahui artikel yang paling sering dikunjungi.
  4. Mengetahui platform device apa saja yang digunakan.
  5. Melihat laporan harian, mingguan, bulanan & tahunan.

Dan masih sangat banyak sekali manfaat-manfaat lainnya kalau digali lebih dalam. Karena fitur Google Analytics sangat banyak sekali, dan semuanya gratis untuk Anda.

Memasang Google Analytics

Tulisan kali ini akan mengajarkan Anda cara daftar dan memasang Google Analytics ke blog WordPress Anda. Yang pertama kali Anda lakukan persiapkan email Gmail yang akan digunakan untuk daftar.

Kemudian masuk halaman Google Analytics, akan tampil halaman seperti pada gambar dibawah ini. Klik “Sign In to Analytics” lalu Anda akan diminta untuk login email Gmail.

Analytics homepage
Halaman Google Analytics

Setelah login Gmail Anda akan beralih ke halaman berikutnya seperti pada tampilan di bawah ini. Silahkan klik “Sign Up” dan Anda akan masuk ke halaman New Account.

Sign up Google Analytics
Proses pendaftaran

Dibawah ini adalah tampilan halaman New Account, dengan beberapa field yang harus Anda isi.

Oiya, struktur akun Google Analytics terdiri dari Account, Property, dan View. Anda cukup membuat 1 account saja, nanti bisa menambah Property kalau Anda membuat blog baru lagi.

  • Account name diisi saja pakai nama pribadi.
  • Website name diisi nama blog Anda, boleh disamakan dengan site title.
  • Website Url adalah alamat blog Anda, sesuaikan pengaturan Http dan Https.
  • Industry category disesuaikan dengan tema blog yang Anda buat.
  • Reporting time zone sesuaikan dengan tempat tinggal Anda.
New Google Analytics account
Data properti akun
Analytics data sharing setting
Data properti akun ( lanjutan )

Pada pilihan ceklist Data Sharing Settings biarkan saja apa adanya. Anda juga ngga perlu takut salah mengisi data diatas. Nanti bisa diganti-ganti kok di bagian pengaturan.

Kalau sudah, klik “Get Tracking ID“.

Akan tampil sebuah halaman baru berisi kode tracking Analytics seperti pada gambar dibawah ini. Ada Tracking ID ( kiri atas ) dan juga kode Javascript ( di bagian bawah gambar ).

Kode inilah yang akan dimasukkan ke dalam blog WordPress Anda, agar akun Google Analytics yang sudah Anda buat bisa mulai merekam aktivitas blog Anda.

Kode Google Analytics
Kode pelacak untuk dipasang di web

Tracking ID bisa dimasukkan kalau Anda menggunakan plugin khusus. Kalau kode Javascript bisa langsung dimasukkan ke dalam file Header.php pada blog Anda.

Silahkan salin kode Tracking ID dan Javascript tersebut, dan tempatkan di notepad. Saya akan memandu Anda cara memasang Google Analytics dengan 2 cara..

Integrasi Dengan WordPress

1. Menggunakan Plugin

Di tahap awal, Anda sudah berhasil mendaftarkan email Anda ke akun Google Analytics, sekaligus mengisi data-data blog yang akan dipasangi kode pelacak Analytics.

Sekarang waktunya memasang kode tersebut di dalam blog WordPress Anda. Cara pertama adalah yang termudah, yakni menggunakan plugin Google Analytics by ShareThis.

Cara download dan aktivasi plugin sudah saya ajarkan ya di artikel Bab pertama tentang cara membuat dan mengatur blog.

Setelah plugin sudah aktif, silahkan masuk ke Google Analytics >> Settings di deretan menu kanan bawah, akan tampil pengaturan seperti pada gambar di bawah ini.

Plugin Google Analytics by ShareThis
Menggunakan plugin

Anda bisa memilih opsi “Authenticate with Google” dengan cara klik tombolnya, sampai muncul halaman popup berisi kode akses. Salin kode tersebut dan masukkan di kolom Google Profile di bagian plugin.

Opsi kedua adalah mencentang “Manually enter Tracking ID” dan masukkan kode Tracking yang sudah Anda dapatkan sebelumnya. Opsi kedua mengakibatkan plugin ini tidak akan menampilkan statistik Analytics di dashboard.

Jadi disarankan pilih opsi “Authenticate with Google” saja.

Anda juga bisa mencentang “Adminstrator” agar tidak dihitung sebagai visitor saat Anda membuka halaman blog Anda dalam keadaan sedang login dashboard WordPress.

Kalau sudah klik Save Changes di bagian bawah. Laporan dari Google Analytics akan tampil dalam kurun waktu 12 hingga 24 jam setelah kode berhasil dipasang di blog Anda.

2. Cara Manual

Cara kedua merupakan cara manual dengan memasukkan kode pelacak Analytics berupa Javascript ke dalam file Header.php pada blog Anda. Ini adalah cara yang saya rekomendasikan.

Kenapa ? Selain karena penambahan plugin akan berpengaruh pada kecepatan blog Anda ( meskipun sedikit ), cara manual ini terbilang sangat mudah, bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun.

Pada dashboard WordPress silahkan masuk menu Appearance >> Editor, kemudian pada deretan file sebelah kanan cari Header.php dan klik. Hasilnya tampak seperti gambar di bawah ini.

Memasang kode Google Analytics
Menyisipkan kode pelacak secara manual

Cari kode <?php wp_head();?> di deretan atas, kemudian sisipkan kode Javascript Analytics di bawahnya Lihat gambar diatas. Jika sudah, silahkan klik Update file.

Selesai. Blog WordPress Anda sudah terintegrasi dengan Google Analytics.

Kesimpulan

Seperti saya katakan di awal tulisan ini, memasang Google Analytics code adalah salah satu langkah penting yang wajib Anda lakukan sebelum blog Anda mulai kebanjiran pengunjung.

Semua data hasil dari aktivitas di dalam blog Anda akan direkam oleh Analytics. Dan percayalah, suatu saat ini data ini akan menolong Anda terhadap banyak hal.

Misalnya, Anda jadi tau statistik rentang usia dan jenis kelamin yang mengunjungi blog Anda. Kalau Anda mau jualan produk, Anda jadi tau harus menjual produk apa yang tepat untuk mereka.

Dan masih banyak lagi data yang bisa didapatkan dengan memasang Google Analytics ke dalam blog WordPress Anda.

Pada panduan di Bab 6 yang masih berkutat dengan pelacakan data, saya akan mengajarkan cara daftar Google Webmaster dan mengintegrasikan blog Anda ke dalamnya.

Tetap semangat, sobat Blogger !

Mau Berkomentar ?